Media Catur Prasetya News

Media Portal On-line Mitra Polri

Redaksi

Redaksi Media Catur Prasetya News Media Portal On-line MITRA POLRI

Pembina:

  • Kombes Pol (Purn) Drs. Basuki, SH, MH, CLA
  • Kompol (Purn) M.Yuauf SH

Pimpinan Umum / Penanggung Jawab

Syafaruddin Nur

Pemimpinan Redaksi :

Guslian Ade Chandra

Wakil Pemimpin Redaksi:

Muhammad Riski Nauli, SH

Pelindung:

Drs. Bahrum Iibrahim, SH, MH

Wartawan CATUR PRASETYA NEWS Wajib Jalankan Kode Etik Jurnalistik CP-NEWS
Etika Jurnalistik & Siaran BeretikaMoral dan etika pada hakekatnya merupakan prinsip dan nilai-nilai yang menurut keyakinan seseorang atau masyarakat dapat diterima dan dilaksanakan secara benar dan layak.

Dengan demikian, prinsip dan nilai-nilai tersebut berkaitan dengan sikap yang benar dan yang salah yang mereka yakini. Etika sendiri sebagai bagian dari falsafah merupakan sistem dari prinsip-prinsip moral termasuk aturan-aturan.Kees Bertens, dalam bukunya “ETIKA” menyatakan bahwa Etika berasal dari kata Yunani Ethos, yang artinya sama dengan kata Latin “Mores”, yaitu adat, kebiasaan, cara pikir. Maksudnya, Etika adalah tentang adat, kebiasaan, cara pikir yang berlaku untuk suatu kelompok manusia tertentu (suku bangsa, kelompok profesi, pelaku usaha dll) , pada suatu waktu tertentu.

Begitu juga Moral. Jadi Media Catur Prasetya News tidak membedakan antara Etika dan Moral.Sementara itu Media Catur Prasetya News mendefinisikan Etika sebagai Ilmu tentang adat, kebiasaan, cara pikir, moral, perilaku moral.Walaupun begitu, beberapa literatur lain membedakan antara Moral dan Etika. Moral adalah sesuatu tentang baik-buruk pada tataran filosofis-normatif, seperti yang dibahas oleh Emanuel Kant dalam teori Deontologisnya. Contohnya moralitas bangsa. Ketika moralitas bangsa makin merosot, akan disebut juga sebagai “Dekadensi Moral”, tidak pernah disebut sebagai “Dekadensi Etika”Sebaliknya, Etika lebih terkait dengan aspek praxis-terapan dari moral, seperti yang dibahas oleh Aristoteles tentang pilihan jalan tengah sebagai keutamaan. Sebagai contoh, seorang polisi yang terlalu tamak sehingga melakukan Pungli (tidak memilih jalan tengah), misalnya, disebut sebagai melanggar Kode Etik, bukan melanggar Kode Moral.Sementara itu, jika kita pelajari definisi -definsi etika yang tersedia diliteratur, memang terdapat berbagai definisi.

Tata CarBerikut ini Beberapa deskripsi dari Etika sebagai berikut:

1. Sebuah sistem tentang prinsip-prinsip moral: Ketika dari sebuah kebudayaan.

2. Tata aturan (the rules of conduct) yang diakui dan dihargai oleh sekumpulan pelaku manusia, atau kelompok tertentu atau budaya, seperti etika medis, etika agama tertentu dll.

3. Prinsip moral dari seseorang.

4. Cabang dari filsafat yang membahas tentang nilai -nlai yang terkait dengan kelakuan manusia dalam hubungannya dengan baik -buruk, atau benar-salah.Deskripsi yang terakhir menggambarkan definisi Etika yang banyak digunakan, yaitu Etika, atau filsafat moral, adalah cabang filsafat yang membahas pertanyaan- pertanyaan tentang moralitas, yaitu konsep-konsep seperti baik dan buruk, benar dan salah, bernilai atau tidak berharga, berkeadilan. M Etika sering dicampurkan dengan hati nurani, kata hati atau suara hati, sehingga sering muncul ungkapan agar pejabat, polisi, jaksa atau hakim mendengarkan hati nuraninya agar bisa melaksanakan tugasnya dengan adil. Alasan inilah yang digunakan oleh DPR untuk mendesak Presiden meninjau kembali pemeriksaan Polisi atas diri pimpinan KPK, Bibit Waluyo dan Chandra Hamzah, sehingga akhirnya Presiden menunjuk tim 8, dan atas saran tim 8, kasus ini tidak dilanjutkan. Namun belakangan, sehubungan dengan adanya ketidak sesuain pendapat antara KPK dan DPR, khususnya yang menyangkut Wakil Ketua KPK Chandra Hamzah, maka kasus ini dituntut untuk dibuka lagi.Jadi Hati Nurani tidak selalu sejalan dengan hukum. Hati Nurani bersifat subyektif, intuitif, walaupun tetap ada logika yang mendasari, sedangkan hukum lebih obyektif, terukur,walaupun interpretasinya tetap bisa subyektif. Tetapi hukum juga tidak selalu sejalan dengan Etika. Walaupun hukum dikembangkan berdasarakan nilai-nilai Etika atau moral pada zamannya.Namun dalam kenyataannya tidak sedikit hukum yang bertentangan dengan Etika, termasuk HAM (Hak Asasi Manusia).

Undang-undang tentang Tanam Paksa di zaman Hindia Belanda, Undang-undang Segregasi (Afrika Selatan sebelum Nelson Mandela), Perda Syariah (tentang busana wanita) dan UU Perkawinan (yang melarang pernikahan antar agama), adalah beberpa contoh dari produk legal yang tidak sesuai dengan HAM.Etika Jurnalistik & Jurnalisme Televisi

Berbicara soal etika terapan, tidak terlepas dari banyaknya bidang kerja dalam ranah publik, contoh Etika Profesi Kepolisian, Etika Profesi Jurnalistik, dan Etika Profesi Hakim. Karena etika merupakan nilai-nilai moral yang menjadi pegangan kelompok tertentu, maka dalam konteks jurnalistik, etika adalah nilai-nilai moral yang menjadi pegangan para wartawan dalam melakukan aktivitasnya sebagai wartawan.

Dewan Redaksi:

  1. Tarmizi
  2. T. Mulyadi
  3. Zulkarnain, SE
  4. Nazwa (Tyon Paloh)

Redaktur Eksekutif:

Subhana, CPA, CA SE Akuntan

Redaktur Pelaksana:

Muhammad Fazrie

Penasehat Hukum:

  1. Fachri, SH,Faris, SH,
  2. Edi Dahlan, SH, MH

Kordinator Liputan :

Princha lafebbi

Staff Redaksi:

Junaidi said

Litbang:

Sabrina

Manager Keuangan/Bendahara:

Princha Lafebbi, SE

Design Grafis/ Layout:

Ade Chandra

Lembaga Partner:

  • Mitra Kepolisian Daerah Aceh,
  • Polres-Polres Wilkum Polda Aceh

Reporter Nasional:

Erik Fadillah, Tedi Naperi, M Rudi, Bayu, Iwan Aji Santoso, Hermawan AS, Hasanudin, Bada.

Reporter Daerah:

Biro Perwakilan Wilkum Banda Aceh :
  1. Putri Suryana SH (Ka)
  2. Suryaman Solih, S.Ip.
Biro Perwakilan Wilkum LHOKSEUMAWE :

Muhammad Irfansyah

Biro Perwakilan Wilkum Aceh Utara :
  • Muhammad Rizal (Ka),
  • Ibrahim Dani
Biro Perwakilan Wilkum Gayo Lues
  • Tuah (Ka)

Biro Perwakilan Wilkum Aceh Selatan

  • Abdullah bin Umar (Ka)
  • Boby Situmorang

Biro Perwakilan Wilkum Nagan Raya

Dibutuhkan

Biro Perwakilan Wilkum Kota Langsa

Dibutuhkan

Biro Perwakilan Wilkum Aceh Tengah

Dibutuhkan

Biro Perwakilan Wilkum Aceh Besar

Dibutuhkan

Biro Perwakilan Wilkum Aceh
Timur

Dibutuhkan